Langsung ke konten utama

Motif Ciptaan Seorang Raja, Batik Parang

Jangan kira yang namanya batik itu hanya diciptakan oleh rakyat jelata. Ternyata ada juga batik yang diciptakan pertama kali oleh seorang raja. Contohnya ya batik Parang ini. Jadi bagaimana kok bisa seorang raja menciptakan sebuah motif batik ya gan?
Jadi begini ceritanya, pada jaman dahulu sekitar tahun 1587 ketika kerajaan Mataram baru saja berdiri, hiduplah seorang raja yang bernama Danang Sutawijaya, atau lebih biasa dikenal dengan nama akhirnya Sutawijaya saja. Beliau adalah pendiri kerajaan Mataram sekaligus orang yang menjadi raja pertama di kerajaan tersebut.

ilustrasi foto:fimela.com
Nah beliau adalah seorang raja yang arif dan bijaksana, serta pemimpin yang adil. sampai sampai ia mendapatkan gelar Panembahan Senopati ing Alaga Sayidin Panatagama Khalifatullah Tanah Jawa yang artinya adalah Panglima Perang dan Ulama Pengatur Kehidupan Beragama di tanah Jawa. Hebat ya? Panjang sekali itu gelarnya gan wkwkwkwk…
Nah, pada suatu hari Raja Sutawijaya sedang melakukan meditasi di daerah Pantai Selatan Jawa. Disana beliau berdiam diri dan bersatu bersama alam. Sambil bersemedi diatas tebing yang curam pada waktu itu, ia memperhatikan deburan ombak dengan seksama. Ia merasa terpukau dengan pemahaman yang ia dapatkan dari ombak tersebut.
Beliau merasa ombak adalah sesuatu yang kuat dan adidaya. Setelah sebelumnya ia memperhatikan bahwa ombak ini datang silih berganti tanpa henti menabrak karang yang menghalanginya. Bahkan sampai-sampai karang ini berlubang-lubang disekujur badannya. Hal inilah yang membuat sang raja terpukau, dimana air dapat menciptakan lubang pada sebuah karang yang notabene lebih keras dari batu sekalipun.
Sumber inspirasi tersebut lalu ia tuangkan menjadi sebuah bentuk seni. Kalau anda pernah melihat batik Parang, pasti yang langsung cepat Anda ingat adalah motifnya yang berbentuk huruf S dan alurnya yang miring. Semua itu beralasan dan merupakan simbol dari filosofi ombak yang diciptakan oleh sang raja tadi.
Tiga Makna Batik Parang
Batik Parang sendiri memiliki makna yang sepertinya ditujukan kepada para pemimpin. Sehingga kalau memang Anda adalah seorang pemimpin, maka batik Parang merupakan motif yang pas untuk Anda pakai gan. Nah berikut adalah maknanya:
      1.       Adil dan Bijaksana

Apakah Anda pernah dengar sosok pewayangan bernama Gareng? Ya, Gareng dari Punakawan yang terkenal itu adalah sosok yang adil dan bijaksana. Ia dapat menyelesaikan sebuah perseteruan dengan sangat adil. Bagaimana tidak, ketika melihat sebuah masalah ia dapat melihatnya dari berbagai sisi. Tidak hanya dari sudut pandangnya saja, atau sudut pandang satu pihak, namun ia dapat melihat permasalahan tersebut dari berbagai sudut. Sehingga ia dikenal sebagai orang yang sangat adil dan bijaksana. Keputusan yang ia berikan selalu seimbang, tidak condong atau berat sebelah, sehingga keputusannya selalu diterima oleh orang.

      2.       Kekuatan Mental & Fisik Yang Luar Biasa

Seorang pemimpin selain harus adil dan bijaksana, tentunya harus memiliki mental yang pemberani, tidak mudah menyerah, dan gigih. Mental seorang pemimpin harus kuat, karena ia adalah tempat bertumpu para pengikut atau rakyatnya. Jika pemimpin loyo mentalnya, maka para pengikutnyapun juga akan menjadi pengecut. Ketika keadaan genting seorang pemimpin harus tetap tenang dan dapat menganalisa masalah. Tidak itu saja, kesehatan dan kekuatan fisik juga penting, dimana ini akan menambah kesehatan jasmaninya.

      3.       Konsisten Dalam Kebaikan

Ternyata motif huruf S yang terus menyambung tiada henti ada maknanya. Maknanya adalah konsistensi dalam melakukan kebajikan. Seorang pemimpin adalah orang yang disiplin dalam melakukan sesuatu, stabil, tidak labil. Ia kerap menjaga silaturahmi dengan sesama, dengan alam, tumbuhan, hewan, dan maha penciptanya tanpa henti dan terus menerus.
Oke jadi kira-kira begitulah kisah tentang motif batik yang dibuat oleh seorang raja. Bahkan sampai makna dari batik tersebut ditujukan untuk para pemimpin. Kalau Anda seorang pemimpin, bolehlah Anda pakai motif Parang biar makin berwibawa!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beli Kamera DSLR Murah Bisa Kredit

4 Cara Beli Rumah Cepat

Bisakah Membeli Rumah Inden Dengan KPR ? Berikut Penjelasannya !!!

Rumah inden atau rumah yang belum ada wujudknya karena masih dalam tahap pembangunan merupakan salah satu opsi yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan rumah dijual di Depok dengan harga yang lebih terjangkau. Tidak sedikit masyarakat yang mempertanyakan apakah pengajuan KPR dengan kondisi rumah yng masih inden bisa dilakukan?
Pada awalnya pemerintah berencana untuk melarang pembelian rumah inden khususnya melalui proses layanan KPR. Tujuannya untuk mencegah penipuan properti yang dilakukan pengembng atau developer.
Dengan bermodalkan brosur dan kantor sewaaan, developer dan pengembang bisa dengan mudah memperdaya konsumen dengan bualannya yang menjanjikan rumah seger dibangun. Ketika kondumen sudah menyetorkan uang sekian persen untuk rumah yang dilipih, menghilanglah developer atau pengembang tersebut. 

Selain itu larangan ini pun berlaku untuk menghindari aksi spekulasi atau investor yang memborong rumah di suatu kawasan. Aksi seperti ini akan membuat harga properti semakin melambu…