Langsung ke konten utama

Bisakah Membeli Rumah Inden Dengan KPR ? Berikut Penjelasannya !!!


Rumah inden atau rumah yang belum ada wujudknya karena masih dalam tahap pembangunan merupakan salah satu opsi yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan rumah dijual di Depok dengan harga yang lebih terjangkau. Tidak sedikit masyarakat yang mempertanyakan apakah pengajuan KPR dengan kondisi rumah yng masih inden bisa dilakukan?

Pada awalnya pemerintah berencana untuk melarang pembelian rumah inden khususnya melalui proses layanan KPR. Tujuannya untuk mencegah penipuan properti yang dilakukan pengembng atau developer.

Dengan bermodalkan brosur dan kantor sewaaan, developer dan pengembang bisa dengan mudah memperdaya konsumen dengan bualannya yang menjanjikan rumah seger dibangun. Ketika kondumen sudah menyetorkan uang sekian persen untuk rumah yang dilipih, menghilanglah developer atau pengembang tersebut. 


Selain itu larangan ini pun berlaku untuk menghindari aksi spekulasi atau investor yang memborong rumah di suatu kawasan. Aksi seperti ini akan membuat harga properti semakin melambung, sehingga akan merenggut hak masyarakat untuk memiliki rumah.

Beruntunglah, saat ini pemerintah sudah memiliki solusinya yang lebih ramah. Melalui Bank Indoenasi Pemerintah menerbitkan aturan yang menyatakab bahwa pengembang bisa menawarkan properti dengan cara inden asalkan memenuhi syarat – syarat yang berlaku.

Kita selaku pembeli bisa membeli rumah inden dengan cara KPR asalkan pembelian ini merupakan pembelian rumah inden yang pertama. Selanjutnya kamu tidak lagi bisa mengajukan KPR dengan rumah inden kembali. Lantas bagaimana proses dantahapan mengajukan KPR rumah inden, apakah sama dengn KPR rumah jadi ? perhatikan ulasan dibawah ini :

Booking fee
Tahapan pertama sama seperti saat kamu mengajukan KPR dengan rumah jadi. Ketika sudah sepakat dengan rumah inden yang dipilih, kamu harus melakukan booking fee atau membayar biaya pemesanan. Besarannya cukup bercariasi, berkisar 10 juta rupiah. Biaya ini umumnya bisa mengurangi beban uang muka.

PPJB atau Perjanjian Pengikatan Jual Beli
PPJB atau Perjanjian Pengikatan Jual Beli sangat perlu untuk dilakukan guna mengikat developer atau pengembang dengan pembeli agar patuh dalam melakukan transaksi. Poin – poin yang ada didalamnya antara lain ialah detai dan spesifikasi rumah, hak – kewajiban penjual dan pembeli. Umumnya PPJB akan dibuat dan ditandatangani setelah menyerahkan biaya booking fee.

Penyerahan dokumen
Kumpulkn berkas dan dokumen yang dijadikan syarat untuk mengajukan KPR. Serahkan kepada pihak bbank, pastikan bila seluruh berkas atau dokumen yang diminta dikumpulkan atau dipenuhi semua. Pihak bank akan melakukan penilaian dan pemeriksaan untuk menentukan persetujuan permohonan KPR yang diajukan, bila dokumen sudah lengkap dan dianggap layak, bank akan melakukan wawancara dengan pemohon kredit.

Bayar uang muka
Bila permohonan kredit sudah menerima persetujuan dari pihak bank. Kamu akan diminta untuk melunasi biaya uang muka atau DP sebesar 15 % dari jumlah harga rumah uang kamu pilih. Besaran uang muka ini sudah diatur dan ditetapkan dalam Peraturan Bank Indoenesia Nomor. 18/16/PBI/2016. Selain uang muka ada biaya pra-kredit yangharus kita bayarkan juga seperti biaya appraisal, provisi hingga asuransi. Biaya asuransi ini meliputi Asuransi jiwa dan kebakaran.

Akad kredit
Pastikan saat pembayaran DP ada notaries yang menyaksikan transaksi tersebut. Notaries bisa ditugaskan langsung oleh bank, atau kita mengusulkan notaries sendiri. Dalam hal ini notaries akan membantu mengurus segala dokumen KPR mulai dari perjanjian atau Akad Kredit, Pembuatan AJB (Akta Jual Beli, balik bama, pajak, sertifikat hingga APHT AKta Pemberian Hak Tanggungan

Bayar angsuran
Tahapan diatas merupakan tahapan terakhir untuk pengajuan KPR. Selanjutnya kamu hanya perlu disiplin untuk membayar semua angsuran yang dibebankan setiap bulan. Pastikan untuk tidak melampauai tanggal jatuh tempo.

Evaluasi
Tahapan ini merupakan pembeda dari rumah inden. Dalam perjanjian yang dilakukan khusus oleh pihak bank dan pengembang, ada target waktu selesai rumah. Biasanya rumah satu lantai akan ditetapkan target waktu selama 12 bulan harus selesai, dan rumah lantai dua maksimal selama 18 bulan. Sebelum biaya kredit atau KPR cir, pengembang akan dimintak untuk membuat jaminan bila pembangunan harus selesai sesuai dengan jadwal dan spesifikasi. Bila ternyata mengalami keterlambatan atau molor atau ada spesifikasi yang berbeda, maka pembeli bisa meminta pengembang untuk membeli kembali rumah tersebut. Saat proses pembangunan rumah dijual di Depok yang ditawarkan pengembangpun kita bisa memprotes atau melakukan tindakan bila tidak sesuai dengan jadwal. Misalnya target 2 bulan sudah dalam tahap pemasangan plafon, namun ternyata belum dilakukan pengembang.


Secara keselutuhan tahapan pengajuan rumah inden sama dengan rumah dijual di Depok biasa. Hanya saja prosesnya membutuhkan 1 bulan untuk bisa dipastikan. Perlu kamu ingat bila membeli rumah inden memiliki rsiko lebih berat dibandingkan dengan rumah siap huni. Maka itu kamu sangat perlu untuk teliti saat memilih pengembang. Meskipun sudah ada peratura yang ditetapkan oleh pemerintah, resikot tetap mungkin terjadi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Cara Beli Rumah Cepat

Rumah KPR murah di Depok

Anda saat ini tengah mempersiapkan untuk bisa membeli rumah sendiri? kami siap memberikan penawaran yang mudah kepada Anda. Kami agen jual beli rumah akan emmberikan penawaran menarik akan rumah impian dan tentu saja dengan harga yang terjangkau. Lokasi yang kami tawarkan juga sangat strategis dan berada di tengah kota. Tentu saja ini sangat menarik bukan? Khususnya bagi Anda yang menginginkan rumah di wilayah Depok, kami agen jual beli rumah akan siap membantu mewujudkan impian Anda. Makanya jangan menunggu lama untuk bergabung bersama kami. Prosesnya pun sangat mudah dan harganya sangat bersahabat. Bayangkan saja jika Anda harus mencari hunian sendiri, tentu saja akan menyulitkan diri anda bukan? Untuk itu, pilihalah bergabung bersama kami dan dapatkan penawaran menarik dari kami. 

Kami agen jual beli rumah di wilayah Depok akan menawarkan rumah KPR murah yang sesuai dengan kriteria Anda. Seperti kita tahu depok adalah wilayah kota yang sangat strategis dan banyak diincar oleh masyar…